PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Minggu, 19 Februari 2012

Asas-asas Hubungan Internasional


Lihat juga :


Dalam penyelenggaraan hubungan internasional, setiap negara harus memegang prinsip tidak mencampuri urusan di negara lain. Karena hal tersebut akan melanggar hak asasi sebuah negara. Oleh karena itu, ada 3 asas dalam hunungan internasional yang saling mempengaruhi, antara lain :

  1. Asas Teritorial
    Asas teritorial adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerah atau wilayahnya. Artinya, negara melaksanakan hukum dan peraturan bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayanya. Sebaliknya, di luar daerah atau wilayah negara tersebut berlaku hukum asing.

     
  2. Asas Kebangsaan
    Asas kebangsaan adalah asas yang didasarkan pada kekuasaan negara terhadap warga negaranya. Artinya, hukum dari negara tersebut tetap berlaku juga bagi warga negaranya walaupun berada di negara asing.
    contoh asas kebangsaan:
    ketika ada pemilu, semua warga negara Indonesia (termasuk yang kerja di luar negeri). Maka negara lain tak berhak melarang.
  3. Asas Kepentingan
    Asas kepentingan adalah asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini, negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaandan peristiwa yang berkaitan dengan kepentingan umum. Jadi, hikim tidak terkait pada batas-batas suatu wilayah.

4 komentar: