PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Jumat, 09 Desember 2011

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA REPTILIA



Lihat juga :
CONTOH SOAL PEREDARAN DARAH REPTILIA, 
Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan 


Peredaran darah pada reptil merupakan peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda. Peredaran darah tersebut terdiri atas :
   
  • Peredaran darah panjang/besar/sistemik : 
  darah kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung --à ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu , darah yg kaya karbondioksida dibawa  vena ---à serambi kanan (atrium) jantung.
 
  •   Peredaran darah pendek/kecil/pulmonal :     
ialah peredaran darah yg mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung. Darah kaya karbondioksida dari bilik kanan  --à paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen --à ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.
  
Berikut gambar sistem peredaran darah pada reptil :


                                gambar sirlkulasi darah pada reptilia


 TIGA POLA SISTEM SIRKULASI PADA SUPERKELAS REPTIL :



 
 Kita dapat membagi model jantung reptil ke dalam 3 pola yaitu : pola Squamata, pola Varanid, dan pola Crocodillan.



POLA SQUAMATA

  Pola ini ditandai dengan 3 ruang jantung ( 2 atrium dan 1 ventrikel jantung). Atrium kanan darah miskin oksigen --à ke cavum venosum ventrikel. Atrium kiri  darah kaya oksigen dari paru-paru --à ke cavum arteriosum. Kontraksi ventricular pada pola ini adalah tunggal, yang mana akan berakibat pada tercampurnya darah miskin oksigen dan darah kaya oksigen. 




POLA VARANID
   Pola ini memiliki karakteristik berjantung 3 ruang tetapi cavum venosumnya lebih kecil dari pada cavum venosum pada pola Squamata. Selain itu,peredaran darahnya ganda. Perbedaan ini mengurangi resiko pencampuran dari darah kaya oksigen dan darah miskin oksigen.

 gambar jantung reptilia ( kadal dan buaya )


 
POLA CROCODILIAN

  Jantungnya terdiri dari empat ruangan (2atrium dan 2 ventrikel), terdapat saluran sempit, yaitu foramen Panizza, yang menghubungkan dua arteri utama (arteri kanan dan kiri).(arteri kiri dari ventrikel kanan, dan arteri kanan dari ventrikel kiri). 

  

 

  gambar jantung reptilia


Darah miskin oksigen dari tubuh diterima oleh atrium kanan dan di transport ke ventrikel kanan. darah dipompa ke paru-paru dan kembali ke atrium kiri. Darah kaya akan oksigen ini kemudian dipompa oleh ventrikel kiri menuju seluruh tubuh.

Walaupun sistem arteri kiri berasal dari ventrikel kanan, darah ini tersuplai oleh oksigen dari darah kaya oksigen di ventrikel kiri melalui foramen panizza. Karena tekanan dalam sistem sirkulasi lebih tinggi dari sirkulasi paru-paru. Katup pada basal sistem arteri kiri tetap tertutup untuk menjaga darah tetap terpisah.



3 komentar: